Kamis, 21 April 2011

Membuat Presentasi dengan Macromedia Flash 8


Akhirnya, jadi juga ni tutorial buat teman-teman saya. Alhamdulillah. Mudah-mudahan bermanfaat. Amiin.
Let’s go…
  • Buka aplikasi Macromedia Flash 8 anda.
  • Pada jendela Macromdia Flash 8, pilih Flash Slide Presentation. Maka akan muncul lembar kerja baru beserta slidenya yang bernama presentation dan slide1.
  • Sebelum kita membuat presentasi dengan Macromedia Flash 8, anda harus membuat planning atau rencana tentang presentasi anda. Mau di isi apa di setiap slide yang anda buat? Kalian pasti udah ga asing lagi kan sama arti dari slide? Kalau belum paham, cari aja di mbah google ya…
  • Baik, kali ini saya akan membuat 3 slide sebagai permulaan. Bagian-bagian dari ke- 3 slide tersebut adalah sebagai berikut :
    • Slide 1 : Berisi tulisan “Tutorial Pembuatan Presentasi dengan Macromedia Flash 8” dan “Created by No Name”
    • Slide 2 : Berisi kata-kata pengantar gitu...
    • Slide 3 : Berisi tulisan “Visit to http://www.littlemov31.co.cc” (Hehehehehe, promosi dikit)
    • Untuk pembuatan animasi, kita akan bahas ketika pembuatan presentasinya. Tapi inget ya… jadi anak yang kreatif, jangan bisanya cuma animasi yang telah saya buat tapi berusaha membuat sesuatu yang beda! You’re different by your creation!
    • Yuk kita mulai..
  • Di bagian slidenya, tambahkan 2 slide lagi dengan mengklik Insert Slide. Ubah nama slide1 menjadi cover, slide2 menjadi isi, slide3 menjadi ending, dengan mengklik dua kali pada slide yang anda tuju.  Sehingga tampilan slide tersebut menjadi seperti ini.
  • Klik slide cover. Buat 4 layer dengan nama : bg, text1, text2, tombol, action. Udah tau kan cara bikinnya? Yup, pake Insert Layer.
  • Masih di slide cover tepatnya layer bg. Tambahkan gambar sesuai keinginan anda sebagai background biar lebih menarik. Tapi bisa juga di kasih warna sebagai background.
  • Untuk menambahkan gambar sebagai background, dapat Anda lakukan dengan cara mengklik layer bg terlebih dahulu > Klik menu File > Import > Import to Stage > Pilih lokasi tempat Anda menyimpan gambar > Pilih gambar.
  • Jika Anda memberikan gambar sebagai background, atur ukuran gambar agar sesuai dengan ukuran slide dengan menggunakan Free Transform Tool. Lalu kunci layer background agar gambar tersebut tidak berpindah-pindah saat  memasukkan objek yang lain dengan cara mengklik tanda hitam tepat dibawah kunci di layer background. Sehingga hasilnya seperti ini.
  • Sedangkan untuk memberi warna serupa untuk semua slide dapat dilakukan dengan cara mengklik slide cover > Klik sembarang > Klik Panel Properties yang ada dibagian bawah jendela Macromedia Flash 8 > Dibagian Background, pilih warna sesuai kemauan Anda.
  • Masih di slide cover, sekarang klik layer text1 dan buat tulisan Tutorial Pembuatan Presentasi dengan Macromedia Flash 8 dengan menggunakan Text Tool. Hal yang sama lakukan pada layer text2 dan buat tulisan Created by No Name. Atur posisi objek tersebut dengan menggunakan Selection Tool, jika ingin diperbesar atau diperkecil dapat menggunakan Free Transform Tool. Kemudian untuk mempermudah dalam pengeditan teks, ubah objek tulisan tersebut dengan menekan F8 kemudian pilih Graphic. Isi namanya sesuai keinginan Anda. Bila Anda akan mengedit objek tulisan tersebut, dapat dilakukan dengan mudah dengan cara mengklik kanan pada objek di Library dan pilih Edit. Ubah kalimatnya dengan menggunakan Text Tool. Gampang kan?? Dari editing tersebut akan menjadi seperti gambar dibawah ini.
  • Pindah ke layer tombol, masih tetap di slide cover. Tambahkan tombol yang berfungsi untuk media berpindah slide, caranya dengan mengklik layer tombol > Pilih menu Window > Common Libraries > Buttons > Pilih tombol yang Anda inginkan, untuk melihat tombol di folder, klik kanan pada salah satu folder kemudian pilih Expand All Folders > Drag tombol yang Anda inginkan ke panel Library.

  • Untuk mengedit tulisan pada tombol dapat Anda lakukan dengan cara yang sama dengan mengedit objek text1 dan text2. Jika pada layer text di objek tombol Anda terkunci, buka terlebih dahulu dengan mengkliknya sehingga teks dapat Anda ubah.
  • Setelah selesai mengedit tombol, drag tombol tersebut ke slide cover. Lalu klik dengan menggunakan Selection Tool > Pilih menu Window > Behaviour > Klik tanda + > Screen > Go To Slide (Untuk menentukan slide tertentu) atau Go To Next Slide (untuk menuju ke slide selanjutnya).
  • Sekarang, tambahkan frame sampai ke- 25 pada setiap layer di slide cover.  Pindah keyframe (titik hitam) layer text1 ke frame 5, layer text2 ke frame 10, layer tombol ke frame 15 dan layer action ke frame 20 dengan mendrag keyframe tersebut. Sehingga hasilnya akan seperti gambar berikut.
  • Lalu klik layer action dan klik di frame ke- 20. Klik Panel Properties > Action > Tambahkan script stop(); . ATTENTION!! Script bersifat case-sensitive, jadi nulisnya pake huruf besar nanti malah ga ngaruh. Script ini fungsinya untuk memberhentikan animasi.
  • Anda dapat melihat hasil editing slide cover dari semua tahap diatas dengan cara menekan tombol Ctrl + Enter. Cape juga ya….
  • Baik,.. dari sekian penjelasan di atas. Jika Anda lakukan dengan benar, pasti akan berefek dengan rapi. Oleh karena itu, untuk slide isi dan ending Anda harus membuat sendiri. Berikut adalah screenshotnya..


  • Untuk membuat tulisan berefek bayangan seperti pada slide ending, dapat Anda lakukan dengan mengklik objek text1 di slide ending > Klik tanda + pada bagian Filters > Drop Shadow. Anda dapat mengubah warna shadow dibagian Color.


  • Perhatikan timeline, keyframe dan frame yang saya tentukan. Jika Anda tipikal orang yang tidak mudah menyerah dan punya kemauan yang tinggi pasti Anda dapat membuatnya dengan mudah. Amiin
  • Untuk menyimpan dokumen slide flash Anda, dapat dilakukan dengan cara mengklik menu File > Save > Pilih lokasi peyimpanan dan ketik nama dokumennya > OK.

8 komentar:

  1. parah cara yang loe ajarin ga bisa di operasikan

    BalasHapus
  2. terima kasih atas komentar Anda..
    semua yang saya post-kan telah saya coba dan berhasil. :-)

    BalasHapus
  3. terimakasiiih atas ilmunya :)

    BalasHapus
  4. kalo cara untuk memasukkan evek suara dan gambar animasi gmana caranya

    BalasHapus
  5. Terimakasih tutorialnya bermanfaat banget,

    Ingin bisa desain grafis? Tapi bingung minta bantuan siapa? Belajar sendiri aja yuk.. kita lihat tutorialnya di
    tutorial-tutorial gratis

    BalasHapus
  6. Sudah saya coba tapi tak mau berhenti

    BalasHapus
  7. Sudah saya coba tapi tak mau berhenti

    BalasHapus