Rabu, 06 April 2011

Membuat Animasi Loading File


Untuk dapat membuat animasi loading file pada Macromedia Flash 8, cara-caranya adalah sebagai berikut: 

  1. Buka aplikasi Macromedia Flash 8 anda.
  2. Lalu pilih Flash Document pada jendela Macromedia Flash 8 yang muncul. Maka akan tampil satu lembar kerja kosong.
  3. Dalam pembuatan animasi flash ini, dibutuhkan 8 layer. Adapun manfaat dari dibuatnya layer ini adalah untuk mempermudah anda dalam mengontrol komponen yang ada dalam lembar kerja anda. Pada lembar kerja awal anda, telah tersedia 1 layer yang bernama Layer 1. Untuk menambahkan 7 layer berikutnya, silakan klik Insert Layer  .
    • Ganti ke- 8 layer tersebut menjadi :
    • Layer 1 : background (berisi background/latar yang akan digunakan)
    • Layer 2 : loading file (berisi kalimat “loading file…”)
    • Layer 3 : lingkaran 1 (berisi lingkaran)
    • Layer 4 : lingkaran 2 (berisi lingkaran)
    • Layer 5 : lingkaran 3 (berisi lingkaran)
    • Layer 6 : lingkaran 4 (berisi lingkaran)
    • Layer 7 : lingkaran 5 (berisi lingkaran)
    • Layer 8 : lingkaran 6 (berisi lingkaran)
  4. Maka susunan layer anda akan terlihat seperti berikut.  
        
                                                               
  5. Seperti deksripsi daripada layer-layer diatas, untuk membuat objek-objek tersebut anda harus mengklik terlebih dahulu layernya. Oleh karena itu, dibutuhkan ketelitian dalam pembuatan animasi flash. Langsung saja..
  6. Klik layer background. Lalu pilih Rectangle Tool pada toolbox. Pilih warna yang akan digunakan pada Panel Properties.
  7. Drag mouse anda ke lembar kerja. Pastikan ukurannya pas dengan lembar kerja anda.
  8. Agar tidak bergerak-gerak saat menambahkan objek yang lain, kunci layer background dengan mengklik titik hitam bagian kunci. Contohnya sebagai berikut. 
  9. Beralih ke layer berikutnya, yaitu layer loading file. Klik layer loading file dan tuliskan kalimat loading file seperti gambar berikut dengan menggunakan Text Tool
    .
  10. Anda dapat mengubah warna, ukuran dan jenis huruf pada Panel Properties.
  11. Setelah objek kalimat loading file selesai dibuat, atur posisi objek tersebut agar terlihat simetris dengan menggunakan Selection Tool.
  12.  Selanjutnya, pilih layer lingkaran 1. Sesuai dengan namanya, tambahkan objek lingkaran pada layer tersebut dengan menggunakan Oval Tool.
  13.  Anda dapat mengubah ketebalan garis, jenis garis dan warna pada Panel Properties.
  14. Posisikan lingkaran tersebut dengan benar agar tampak sempurna.
  15. Copy objek lingkaran pada layer lingkaran 1 ke layer lingkaran 2 sampai dengan layer lingkaran 6. Caranya yaitu, klik objek lingkaran tersebut dengan menggunakan Selection Tool. Kemudian klik kanan dan pilih copy atau dengan menekan Ctrl + C. Untuk mem-paste objek tersebut di layer yang dituju, klik kanan dan pilih paste atau dengan menekan Ctrl + V.
  16.  Atur objek-objek yang anda buat dengan rapi.
  17.  Berikut adalah hasil dari pembuatan objek tersebut.
  18. Hal yang ditunggu-tunggu, yaitu membuat animasinya. Let’s go…
  19. Klik layer background, kemudian arahkan mouse anda ke frame 35 kemudian klik kanan dan pilih Insert Frame.
     
  20. Frame dapat diibaratkan sebagai batasan munculnya objek yang anda buat. Lakukan hal yang sama terhadap layer yang lain. Sehingga timeline anda terlihat seperti berikut.
  21. Come back lagi ke layer background. Anda tentu dapat melihat titik hitam di bagian frame 1. Titik hitam itu dinamakan keyframe, artinya batasan si animasi dapat berjalan. Jika keyframe tersebut terletak di frame 1, itu tandanya objek tersebut tidak diberikan hak untuk bergerak (orang kalieee…)
  22. Pada animasi kali ini, yang akan diberikan hak untuk bergerak adalah seluruh objek lingkaran. Jadi kita akan terfokus pada keyframe untuk layer lingkaran 1 sampai layer lingkaran 6.
  23. Next, pilih layer lingkaran 1. Kemudian pindahkan keyframe tersebut ke frame 5. Caranya adalah dengan men-drag titik hitam tersebut ke frame 5.
  24. Lakukan hal yang sama dengan layer lingkaran 2 sampai layer lingkaran 6. Dengan catatan, keyframe layer lingkaran 2 berada di frame 10, lingkaran 3 frame 15, lingkaran 4 frame 20, lingkaran 5 frame 25 dan lingkaran 6 frame 30. Hasilnya timeline akan terlihat seperti berikut.
  25. Untuk melihat hasil pembuatan animasi anda, dapat mengklik Ctrl + Enter. 
  26. Simpan lembar kerja anda dengan mengklik menu File dan pilih Save (Ctrl + S).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar