Kamis, 19 Mei 2011

Mengubah IP Address di Debian 4.0


Mengubah IP Address pada Linux dengan Windows tentu berbeda jauh. Disini saya akan memberikan cara mengubah IP Address pada Debian 4.0 yang merupakan salah satu distro Linux juga. Caranya dilakukan pada konsol atau lebih kita kenal dengan Terminal.
Let’s go…
  1. Buka aplikasi Terminalnya dulu. Klik aja bagian Aplikasi > Aksesoris > Terminal. Kebetulan saya pakai bahasa Indonesia, ga ngerti sama bahasa Inggris.. Hehehe
  2. Setelah itu muncul jendela si Terminal. Dalam Linux, untuk melakukan suatu perubahan konfigurasi di sistem harus masuk dulu sebagai ‘root’. Caranya yaitu ketik su root, lalu ketik deh passwordnya. Untuk pengetikan passwordnya tidak terlihat demi keamanan.
  3. Setelah itu kalau log in sebagai root-nya sudah benar, ada tanda yang berbeda. Untuk root tanda-nya ‘#’ kalau user biasa kita pakai itu tandanya begini ‘$’. Untuk melihat IP Address anda, ketik aja ifconfig.
  4. Lalu akan tampil deh berapa IP kamu. Inget-inget ya Ethernet yang kamu pakai itu on-board or external. Coz kalau on-board itu terdeteksi sebagai eth0 kalau external itu eth1. Ngerti kan???

  5. Disini saya pakainya Ethernet. Jadi yang akan saya ubah itu bagian eth1. Sebelumnya ada 2 cara untuk mengubah IP Address di Linux yaitu secara sementara dan permanen. Kalau cuma sementara pas di reboot udah balik ke settingan awal, caranya anda tinggal ngetik ifconfig eth1(karena terdeteksi sebagai eth1 dan yang saya pakai itu) 192.168.1.1(ip-nya terserah anda).
  6. Setelah itu restart deh. Ketik aja /etc/init.d/networking restart
  7. Untuk yang permanen, caranya kamu harus ngedit file interfaces yang ada di folder network. Caranya ketik aja di terminalnya nano /etc/network/interfaces
  8. Muncul deh jendela interfaces-nya. Perhatikan kotak merah pada gambar di bawah. Ubah address, netmask, network, broadcast, gateway dan dns-nameservers sesuai keinginan kamu. Kalau belum ngerti tentang begitu-an googling aja ya di mbah google. Oke???
  9. Kalau udah selesai di edit, tekan Ctrl + X pada keyboard dan tekan tombol Y untuk menyimpan konfigurasi dan mengakhiri konfigurasi.
  10. Biar langsung keliatan efeknya, restart deh buat si IP-nya dengan mengetikkan perintah yang sama dengan sebelumnya /etc/init.d/networking restart.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share..