Senin, 08 Agustus 2011

KEANEKARAGAMAN KELOMPOK SOSIAL DALAM MASYARAKAT MULTIKULTURAL


Di dalam masyarakat, banyak banget kelompok - kelompok sosial.. dan berikut ini penajabarannya... 
Ada 2 jenis kelompok sosial yang ada di dalam masyarakat, yaitu :
  1. Gemeinschaft (Paguyuban) adalah kehidupan kolektif bersama, yang anggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni dan bersifat alamiah serta kekal. Singkatnya, gemeinschaft itu bersifat kekeluargaan, biasanya ada di desa dan hubungannya bersifat informal. Contohnya kelompok kelas, keluarga, kelompok bermain.
  2. Geseilshcaft (Patembayan) adalah bentuk kehidupan kolektif yang diikat oleh ikatan lahir, yang biasanya untuk jangka pendek dan lebih bersifat dalam pikiran belaka. Singkatnya, geseilschaft itu bersifat informal, biasanya ada di kota dan setiap orang yang terlibat di dalamnya punya tujuan yang mau dicapai. Contohnya kelompok di pabrik, sekolah, perusahaan, pemerintahan, yayasan, LSM, KUA, rumah sakit.

Selain yang 2 di atas, ternyata masih ada cabang - cabangnya lagi, ini dia...
  • Kelompok primer yaitu kelompok yang utama yang mengajarkan nilai dan norma. Contohnya kelompok di sekolah, keluarga, universitas.
  • Kelompok sekunder yaitu kelompok yang ga begitu penting. Contohnya komunitas rekreasi, kelompok bermain. Yang ga ngajarin nilai dan norma.. Lucu ya klo main pake belajar norma segala.. hehehehe (Just Kidding)
  • In group yaitu kelompok dalam, maksudnya kelompok dimana seseorang mengidentifikasikan dirinya or mengenalkan dirinya. Contohnya saya termasuk kelompok kelas XII TKJ 1.
  • Out group yaitu kelompok luar, maksudnya kelompok dimana seseorang tidak mengidentifikasikan dirinya. Contohnya saya bukan anggota dari kelompok Teknik Elektronika.
  • Crowd yaitu kelompok sementara / kerumunan yang pastinya bukan kelompok yang terbentuk dengan sengaja, ga ada rencana. Contohnya kerumunan orang di pasar, terminal, stasiun. Adanya kelompok crowd ini bisa disebabkan karena adanya bencana alam atau kecelakaan.
  • Publik yaitu kelompok sosial yang mempunyai tujuan yang sama. Contohnya para demonstran. Punya tujuan yang sama yaitu DEMO!!!! (Dasar...)


Mudah-mudahan bermanfaat ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar